• (021) 5507205

logo

Sejarah

 

KOPERASI AWAK PESAWAT GARUDA INDONESIA (KOAPGI)

Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan KOAPGI adalah salah satu Koperasi yang berada dilingkungan PT. Garuda Indonesia Persero Tbk yang awalnya didirikan pada tahun 2000 oleh para Karyawan Udara atau Awak Kabin PT. Garuda Indonesia dengan nama Koperasi Awak Kabin Garuda Indonesia (KOKAGI) yang bertujuan membentuk wadah usaha bersama dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Anggotanya dengan azas kekeluargaa.

Pada tanggal 29 Agustus 2001 Koperasi Awak Kabin Garuda Indonesia (KOKAGI) telah berubah nama menjadi Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia atau lebih dikenal dengan nama KOAPGI. Perubahan ini didasarkan oleh penguatan modal usaha dan peningkatan perekonomian anggota Koperasi. Oleh karena itu bersatullah profesi karyawan udara atau Awak Pesawat yaitu Awak Kabin (Pramugara/Pramugari), Penerbang (Pilot) dan Juru Mesin Udara (Flight Engineer) dalam satu wadah organisasi usaha bersama yaitu Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia.  

Ditengah tengah kesibukan para Pengurus dalam tugas terbang, KOAPGI justru semakin dipercaya anggotanya dan telah berkembang menjadi Koperasi yang mandiri dan mampu menopang kebutuhan seluruh anggotanya, terutama dalam memenuhi kebutuhan ekonomi anggota yang semakin konsumtif melalui produk simpan pinjam, yang sampai saat ini masih menjadi produk primadona KOAPGI selain produk lainnya.  

Dengan berjalanya waktu dan kebutuhan organisasi Koperasi, maka keanggotaan KOAPGI pun semakin berkembanng, yang semula hanya terbatas pada profesi Awak Pesawat, maka saat itu telah bergabung para karyawan darat PT. Garuda Indonesia. Kemudian pada tahun 2015 KOAPGI mengembangkan sayap keanggotaanya dengan bergabungnya para purnabakti serta karyawan PT. Garuda Indonesia Grup menjadi anggota KOAPGI.    

Visi Misi

Visi

Terwujudnya koperasi yang tangguh, mandiri dan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada anggota untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat umumnya dan anggota koperasi pada khususnya.

Misi

  • Meningkatkan mutu manajemen dan tata kelola yang transparan dan akuntabel
  • Meningkatkan peran serta anggota dalam mengembangkan koperasi kearah yang lebih maju dan produktif.
  • Meningkatkan partisipasi aktif anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi
  • Meningkatkan kualitas edukasi terhadap karyawan dan anggota dalam pendidikan dan pengetahuan perkoperasian.
  • Meningkatkan kerjasama usaha yang saling menguntungkan dalam rangka pengembangan koperasi

Lambang KOAPGI

LOGO ATAU LAMBANG SEBUAH ORGANISASI, NEGARA ATAU PERUSAHAAN TERNYATA MEMILIKI MAKNA TERSENDIRI DAN MERUPAKAN KEBANGGAAN PEMILIKNYA.

Mungkin rekan-rekan masih ingat betapa besar biaya yang dikeluarkan Garuda indonesia untuk mendapatkan logo seperti yang sekarang ini. Begitu pentingkah sebuah logo atau lambang? Secara kasat mata, logo hanya gambar dengan warna-warni dan perlambang-lambang. Namun dibalik itu semua sebuah logo mengandung arti di setiap unsurnya, baik warna, ukuran maupun lambang-lambang yang ada di dalamnya. Bahkan logo bisa diartikan sebagai gambaran ringkas dari visi, misi dan cita-cita sebuah organisasi.

Berawal dari hal diatas beberapa waktu yang lalu menyelenggarakan sayembara membuat logo Koapgi. Diantara sekian banyak hasil karya yang ikut serta, akhirnya terpilih logo yang merupakan karya dari mas Andri suherman seorang karyawan PT. Mandira ( Garuda Indonesia Group ). Terpilihnya mas Andri karena dianggap sesuai dengan visi, misi dan cita-cita pendirian Koapgi. Dari gambar logo Koapgi dapat diuraikan makan tiap-tiap unsur yang terkandung di dalamnya :

  • Burung jenis pemakan ulat (hama ) pasti bukan burung perusak, bahkan menguntungkan dalam mengendalikan hama/ulat perusak tanaman. Gambar burung dilukis spontan dengan sekali tarikan kuas artinya burung yang dinamis. Kreatif dan tanggap serta penuh inisiatif dalam melaksanakan tugas. Warna emas merupakan lambang kebesaran dan kegagahan. Jenis burung dipilih karena sesuai dengan tugas keseharian awak pesawat yaitu terbang.
  • Latar belakang angkasa raya perlambang habitat yang bersih dan merupakan hamparan luas penuh dengan harapan.
  • Dibawah burung ada batas trotoir warna putih yang menggambarkan batasan norma dalam bekerja, serta aturan berupa tata tertib, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang harus ditaati dan dipatuhi.
  • Jalan raya dan landasan pesawat tempat beraktifitas, memiliki arti persiapan dan perhitungan yang matang akan membuat proses tinggal landas berhasil dengan baik.
  • Huruf Koapgi berada ditengah-tengah dengan warna emas yang menggambarkan harapan dan cita-cita gemilang serta selalu berdiri di tengah untuk menciptakan keadilan.
  • Padi 17 butir, pita bando dan kapas 8 buah, dengan warna emas mengandung arti kemakmuran yang terikat bukan makmur karena melanggar hukum. Padi merupakan lambang kemakmuran pangan sedangkan kapas merupakan lambang kemakmuran sandang. Jumlah 17 dan 8 merupakan simbol dari tanggal dan bulan kemerdekaan bangsa kita yang telah menjadi tonggak sejarah Indonesia.

Jelaslah sudah sekarang bahwa dalam logo Koapgi mengandung makna yang mendalam tentang cita-cita Koapgi untuk mensejahterakan anggotanya dengan cara yang jujur dengan asas kekeluargaan serta memperhatikan batas-batas norma dan aturan yang berlaku. Pendek kata makmur dalam keadilan dan adil dalam kemakmuran adalah cita-cita dari Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia.