• (021) 5507205

logo

AUDIT KEUANGAN KOAPGI TAHUN BUKU 2014

Kepada Yth :
Bapak - Ibu Anggota KOAPGI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Atas nama Pengurus dan Karyawan KOAPGI, kami haturkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadah kita mendapatkan pahala yang sebesar besarnya dari Allah SWT. Tanpa terasa waktu terus berpacu, kami Pengurus KOAPGI periode 2014-2016 telah melakukan langkah langkah sesuai dengan amanah RAT KOAPGI ke XIII tanggal 28 Mei 2015, meskipun sampai saat ini masih ada beberapa Karyawan KOAPGI yang tidak melaksanakan kewajibannya dengan melakukan pembangkangan, Pengawas yang tidak pernah melakukan fungsi Pengawasan dan tidak mau bekerjasama serta telah memprovokasi anggota KOAPGI lainnya dan pihak eksternal terkait dengan KOAPGI untuk menolak Hasil Keputusan Rapat Anggota Tahunan KOAPGI ke XIII tersebut.

Oleh karena itu, perkenankan kami selaku Pengurus KOAPGI menyampaikan beberapa informasi dan rangkaian kegiatan kerja Pengurus , berdasarkan hasil keputusan RAT KOAPGI ke XIII tahun buku 2014 :

  • Audit Keuangan KOAPGI tahun buku 2014 :
    • Auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk audit keuangan KOAPGI tahun buku 2014 yang ditunjuk oleh Pengawas, sampai saat ini masih belum disampaikan kepada Pengurus KOAPGI dan telah melewati batas waktu yang ditentukan (satu bulan sejak RAT ke XIII).
    • Pengurus KOAPGI telah menunjuk Auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) lain untuk melakukan audit interim yaitu audit keuangan yang dilakukan pada saat tahun fiscal berjalan (01 Januari s.d 30 Juni 2015).
  • Kedudukan Pengawas KOAPGI terkait Penolakan Laporan Pengawas, perlu ditindak lanjuti oleh anggota dalam Rapat Anggota Luar Biasa (RALUB) yang akan segera kami laksanakan.
  • Pembentukan Tim Adhoc Penyusunan dan Penyempurnaan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga KOAPGI, telah menyelesaikan tugasnya dan telah mempublikasikan Anggaran Dasar (AD) KOAPGI berdasarkan UU No 25 tahun 1992 keseluruh anggota melalui website Koapgi, sebelum di Notariatkan serta disampaikan kepada Pemerintah.
  • Sistem keuangan KOAPGI saat ini masih dikunci oleh oknum karyawan KOAPGI dan ada upaya dari Ketua Pengawas untuk menghambat, bahkan meminta pemblokiran terhadap rekening KOAPGI di Bank Mandiri ini adalah pelanggaran melawan hukum, dan mempersulit kami selaku Pengurus dalam memproses SHU anggota.
  • Kami Pengurus KOAPGI akan membagikan SHU pada Anggota mulai awal Juli 2015 sesuai hasil RAT ke XIII dengan ketentuan bahwa diberikan bertahap kepada anggota secara merata 30 %. Sisanya akan dibagikan kepada anggota yang mempunyai jasa pinjaman / belanja ke KOAPGI, setelah data transaksi dari anggota tersebut telah kami dapatkan. Hal ini dikarenakan system keuangan yang telah di block oleh Oknum Karyawan KOAPGI yang selama ini memegang password dan Adminnya dan telah menyatakan tidak bersedia memberikan kepada Pengurus , dengan kejadian ini kami telah memprosesnya dengan Laporan ke Polisi dan melakukan PHK ybs. Sehingga kedepan kami akan mengganti system keuangan dengan yang lebih baik dengan bekerjasama dengan provider yang berbadan hokum dan bukan perorangan seperti selama ini.

Para Anggota yang terhormat,
Sekali lagi kami Pengurus KOAPGI memohon maaf atas ketidak nyamanan selama ini, khususnya yang berkaitan pelayanan pinjaman KTA kepada anggota, dikarenakan kami sedang menata kembali kerja sama perbankan dan kami akan tetap melakukan restrukturisasi perbankan.

Adapun VISI dan MISI KOAPGI :
Terwujudnya koperasi yang tangguh, mandiri dan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada anggota, untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat umumnya dan anggota koperasi pada khususnya

  • Meningkatkan mutu manajemen dan tata kelola yang transparan dan akuntabel.
  • Meningkatkan peran-serta anggota dalam mengembangkan koperasi kearah yang lebih maju dan produktif.
  • Meningkatkan partisipasi aktif anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi.
  • Meningkatkan kualitas edukasi terhadap karyawan dan Anggota dalam pendidikan dan pengetahuan perkoperasian.
  • Meningkatkan kerjasama usaha yang saling menguntungkan dalam rangka pengembangan koperasi.

Maka, kami Pengurus berharap KOAPGI kedepan akan lebih transparan dan informative dalam menjangkau kebutuhan anggota, baik melalui system tata kelola yang akan kami bangun, agar seluruh anggota dapat mengakses data masing masing, maupun komunikasi anggota dengan Pengelola dan Pengurus KOAPGI. Mari kita bersama-sama menjunjung tinggi nilai sportifitas, profesionalis medan mengedepankan kepentingan bersama, menegakkan nilai budi pekerti yang luhur, serta saling menghormati sesame anggota KOAPGI.

 

Biarlah tindakan dan upaya yang ingin mempertahankan kekuasaan akan punah bersama waktu dan hukum tetap akan datang pada mereka yang berbuat kesalahan, sementara Allah SWT tentunya tidak akan pernah tidur menyaksikan fenomena yang terjadi saat ini. Kita mesti berani mengambil resiko untuk sebuah perubahan dan kita meyakini bahwa perubahan adalah bagian dari kehidupan menuju sesuatu yang lebih baik. Dengan tidak mengurangi rasa hormat kami kepada para pendiri KOAPGI, kami akan tetap melakukan perubahan dan tetap mengedepankan kepentingan anggota sebagai pemilik koperasi, sekaligus juga pengguna jasa koperasi.

Kami yakin bahwa tiada satupun pendiri KOAPGI yang mau melihat kehancuran Koperasi yang mereka dirikan sendiri, kecuali mereka yang merasa kehilangan kepentingan yang terselubung didalamnya. KOAPGI kini telah menjadi milik hampir 5000 anggota yang tentunya berharap KOAPGI semakin baik. Demikian kami sampaikan dan terimakasih atas perhatiannya.

Tangerang, 29 Juni 2015

Salam ,
PENGURUS KOAPGI 


Rimond Barkah Sukandi Ketua